Manfaat Minuman Elektrolit untuk Kamu yang Hobi Bersepeda

  • 3 min read
  • Aug 02, 2021
Manfaat Minuman Elektrolit untuk Kamu yang Hobi Bersepeda

Bersepeda seperti yang kita ketahui, merupakan hobi bagi banyak orang apalagi setahun belakangan ini. Selain menjadi tren, bersepeda merupakan “hobi” yang memiliki

Berikut beberapa manfaat bersepeda:

  1. Menjaga kesehatan kulit

    Menurut sebuah penelitian yang dilakukan oleh para ilmuwan di Stanford University, bersepeda secara teratur dapat membuat sel-sel kulit mengeluarkan racun berbahaya dari pori-pori, memungkinkan aliran oksigen. Ini juga menjaga aliran darah yang konsisten dalam tubuh kamu, membuat kamu tampak lebih segar dan lebih muda. (1)

  2. Memperbaiki Postur Tubuh

    Selain itu, bersepeda juga membantu dalam memperbaiki postur. Dalam proses penurunan berat badan, kebanyakan orang mengabaikan manajemen postur saat berolahraga. Namun, bersepeda akan memperbaiki postur tubuh kamu tanpa kamu harus fokus padanya. Akhirnya, kamu akan melihat bahwa tubuh kamu menjadi fleksibel dan kamu kurang membungkuk. Bersepeda juga membantu kamu membangun inti kamu, menghasilkan perut yang ideal. (1)

  3. Meningkatkan Mood

    Bersepeda juga bisa memperbaiki suasana hati kamu, lho. Beberapa menit bersepeda dapat meningkatkan suasana hati kamu, membawa getaran positif. Ini karena mengendarai sepeda membuat kamu berkeringat, membuang racun dalam tubuh kamu. Hal ini memungkinkan asupan oksigen dan aliran darah yang lebih tinggi, menghasilkan otak dan pikiran yang segar. Jadi lain kamu sedang merasa dalam suasana hati yang kurang baik, bersepedalah!

Namun, saat dan setelah bersepeda, biasanya tubuhmu akan berkeringat. Jika ini terjadi, kamu tidak hanya kehilangan air, tetapi juga elektrolit, mineral yang membantu mengantarkan cairan ke sel-sel yang membutuhkannya dan sangat penting untuk segala hal mulai dari kesehatan otot hingga fungsi otak, jelas ahli diet olahraga bersertifikat Kelly Pritchett. asisten profesor ilmu nutrisi dan olahraga di Central Washington University dan juru bicara Academy of Nutrition and Dietetics. (2)

Sementara kehilangan elektrolit dapat menghambat kinerja olahraga dan hasil kebugaran, perhatian utama bagi para olahragawan adalah hiponatremia, suatu kondisi di mana kadar natrium turun ke tingkat yang sangat rendah. Tergantung pada seberapa rendah kadar natrium, efeknya dapat berkisar dari kram otot dan sakit kepala hingga kejang dan bahkan koma, menurut Mayo Clinic. Kadar natrium darah normal berkisar antara 135 hingga 145 milliequivalents per liter. Hiponatremia terjadi ketika kadarnya turun di bawah 135 milliequivalent per liter, dengan gejala yang lebih parah terjadi dengan kadar di bawah 125 miliekuivalen per liter. (2)

Untuk alasan itu, tujuan kamu adalah menjaga elektrolit kamu pada tingkat yang sehat selama berolahraga, kata Pritchett. Ketika kamu menjaga elektrolit kamu pada tingkat yang tepat, kamu memastikan bahwa tubuh kamu dapat menyerap dan menggunakan cairan apa pun yang kamu konsumsi, organ vital kamu berfungsi dengan baik dan mendapatkan hasil maksimal dari setiap latihan. (2)

Salah satu cara yang tepat untuk menjaga kadar elektrolit dalam tubuh adalah dengan mengonsumsi minuman elektrolit.

Menurut Joy Dubost, ahli diet olahraga bersertifikat dari Amerika Serikat, jika kamu berolahraga, termasuk bersepeda dengan intensitas selama lebih dari jam, minuman elektrolit akan sangat berguna untuk menggantikan cairan yang keluar dari tubuh kita.

Sebaliknya, jika setelah bersepeda kamu tidak segera menggantikan cairan yang keluar, maka dehidrasi bisa menghampiri tubuhmu. Saat kamu mulai berolahraga, kamu kehilangan mineral dan elektrolit penting melalui keringat, pernapasan, dan fungsi tubuh lainnya. Ini memiliki dampak langsung pada kinerja kamu. Dehidrasi menghasilkan waktu reaksi yang lebih lambat, peningkatan pusing dan kelelahan, tingkat konsentrasi yang lebih rendah dan penurunan energi yang cepat. Dehidrasi secara langsung mempengaruhi kinerja dan dapat mengurangi daya tahan kamu hingga setengahnya. (2)

Untuk menghindari dehidrasi setelah bersepeda, kamu bisa mengonsumsi minuman elektrolit satu jam sebelum sesi bersepeda mu dimulai. Sama seperti kamu melakukan pemanasan untuk bersiap-siap mengikuti aktivitas intens kamu, kamu perlu menghidrasi sebelum latihan untuk memberi tubuh kamu dorongan yang dibutuhkannya. kamu dapat mengkonsumsi elektrolit kamu satu jam sebelumnya sehingga mereka memiliki cukup waktu untuk dicerna dalam tubuh kamu. Ini membantu untuk memastikan bahwa aliran darah lancar dan jantung memompa dengan baik untuk mempersiapkan sesi yang intens untuk diikuti. Banyak orang juga memilih suplemen pra-latihan sebelum mereka memulai latihan mereka.

Sekarang, saat kamu mulai bersepeda sehingga kamu akan kehilangan elektrolit melalui keringat dan ini membuatnya perlu untuk menghidrasi selama pengerahan tenaga. kamu dapat menyiapkan minuman elektrolit dan terus meminumnya setiap 15-20 menit. Ambil teguk kecil air putih secara berkala daripada minum sekaligus. Jika kamu berada dalam jangka panjang, maka kamu mungkin lebih suka mengonsumsi elektrolit dengan karbohidrat untuk meningkatkan energi dan kinerja lebih lanjut dengan bantuan minuman elektrolit. (2)

Setelah kamu menyelesaikan latihan kamu, kamu perlu rehidrasi untuk memastikan pemulihan yang lancar dan cepat. kamu harus memprioritaskan pengisian elektrolit yang hilang untuk tidak hanya memastikan pemulihan yang cepat tetapi juga untuk membuat diri kamu aman dari cedera yang mungkin terjadi jika kamu tidak melakukan rehidrasi tepat waktu dengan mengonsumsi minuman elektrolit.

Itulah tadi penjelasan bagaimana minuman elektrolit dapat memberikan manfaat untuk kamu yang hobi atau sering bersepeda. Untuk minuman dengan asupan elektrolit yang baik, pastikan kalau kamu mengkonsumsi Mizone, ya! Sebagai satu-satunya minuman isotonik dengan kandungan vitamin B, Mizone bakal Bantu Badan Siap Lanjut Terus!

Source:

  1. https://www.betterhealth.vic.gov.au/
  2. https://health.usnews.com/wellness/fitness/articles/2018-07-13/how-to-tell-if-you-need-electrolytes-during-your-workout