Kutu rambut merupakan parasit yang terdapat bagian kepala dan menjadi penyebab kulit kepala gatal. Secara medis adanya kutu ini disebut sebagai pediculosis capitis. Seseorang yang memiliki kutu akan membuat penularan jika melakukan kontak langsung dengan orang lain, biasanya muncul karena tingkat kebersihan yang tidak baik dan adanya penularan dari hewan. Gejala yang ditimbulkan seperti rasa gatal hingga bagian leher maupun telinga, rasa gatal sehingga memiliki reaksi terhadap tinja maupun air liur pada kutu. Rasa gatal ini seperti adanya yang menyerap pada kulit kepala dan membuat penderita akan menggaruk kepala secara terus menerus dan lebih gatal ketika malam hari akibatnya penderita akan sulit tidur.

Fakta kutu pada rambut manusia, kutu biasanya ada saat musim panas karena pada suhu 32 derajat Celcius maka kut akan bereproduksi. Kutu akan menyebar dengan cepat dan usia kutu 3 hingga 4 minggu dengan tahapan dari telur, dewasa hingga dewasa bereproduksi. Biasanya telur kutu menempel pada akar rambut dan bertelur hingga 48 jam setelah pembuahan dan biasanya 70 telur dalam seminggu. Setelah keluar dari telur maka akan mendapatkan makanan dari darah melalui lubang pada bagian kepala manusia. Kutu dapat menginvasi melalui sisir maupun topi tetapi tidak dapat melompat atau terbang dan biasanya warna tubuhnya sesuai dengan warna kulit dari kepala manusia yang diinfeksinya. Kutu di rambut dapat hidup dan menyebar di rambut manusia tetapi tidak dapat menular pada bulu hewan.

Berikut adalah cara menghilangkan kutu dengan cara alami:

  • Menggunakan sisir serit dengan jarak kecil sehingga akan mengoptimalkan dalam membasmi telur dan kutu, jika dalam keadaan basah akan lebih baik karena akan mudah menyebabkan kutu mudah terperangkap.
  • Daun sirsak yang dapat membunuh kutu dan telur, dengan cara membersihkan mencuci telur hingga menghaluskannya, mengusap halus pada rambut dan biarkan hingga 30 menit kemudian bilas dengan menggunakan air bersih.
  • Bawang merah yang memiliki bau menyengat dengan mengupas bawang lalu menghaluskannya dengan menambahkan zaitun dan minyak kemiri dan dibalurkan pada kulit kepala kemudian dibilas setelah 10 menit.
  • Minyak zaitun dengan membuat rambut basah dengan keramas lalu mengolesnya dan memberikan pijatan lembut dan menggunakan shower cap, keesokan harinya bersihkan rambut kembali menggunakan shampo.

Selain itu, dapat menggunakan perasan lemon yang dapat membasmi kutu dengan menggunakan air perasan lemon dan mengolesnya pada kulit kepala selama 40 menit. Asam cuka dengan menghilangkan kutu dengan menambahkan air lalu mengoleskannya pada kepala dan menutupnya dengan shower cap lalu didiamkan hingga keesokan hari kemudian dibilas dengan shampoo. Dapat juga menggunakan bawang putih, minyak kelapa, air beras dan mayonais.

Berikut adalah tanda adanya kutu:

  • Rasa gatal pada kepala yang berlangsung cukup lama setelah adanya kutu.
  • Terdapat titik putih sebagai tanda telur kutu pada rambut dan sulit dihilangkan secara langsung karena memiliki ukuran yang sangat kecil.
  • Terasa menggelitik ketika kutu bergerak dibagian kepala.
  • Kulit kepala menjadi merah dan terdapat bintik pada kulit kepala sebagai reaksi alergi terhadap kutu.

Kutu rambutĀ dapat disembuhkan dengan obat medis yaitu permethrin 1% lalu dibilas dan residu akan membunuh kutu dan telur pada kepala. Pyrethrin plus piperonyl butoxide yang merupakan zat kimia dan memiliki bentuk sampo kemudian dioleskan pada kepala. Benzyl alkohol 5% dengan manfaat untuk membunuh kutu. Walaupun demikian menggunakan obat medis akan membuat rasa gatal dan kemerahan selama penyembuhannya.