Semakin tahun perusahaan audit energi mengatakan jika harga panel surya semakin murah setiap bertambahnya tahun. Bagi Anda yang memiliki industri rumahan dapat memiliki panel surya dengan harga mulai dari Rp1.000.000 hingga Rp6.000.000 per panel, bergantung kualitas dan beberapa faktor lainnya. Tidak hanya harga, ada faktor lain yang penting untuk Anda ketahui ketika ingin membeli panel surya terbaik untuk diaplikasikan ke industri karena solar panel sifatnya jangka panjang.

Karena itu, sebaiknya ketika Anda memilih panel surya harga bukan menjadi prioritas. Nah, berikut ini sudah kami tuliskan tips sebelum membeli sistem solar panel untuk pembangkit listrik pada perkantoran maupun industri rumahan.

Tiga tingkatan pada kualitas Sewatama panel surya. Seperti halnya pada tier data center, panel surya mempunyai tiga tier untuk menentukan kualitas yang dimiliki Hanya saja, perbedaannya tipe satu merupakan kualitas tertinggi, sedangkan tier pada data center tier satunya merupakan kualitas terendah.

Sebelum membeli panel surya dari perusahaan audit energi, harga bukanlah patokan sehingga Anda harus memerhatikan panel surya tersebut diproduksi. Jangan lupa untuk memerhatikan bahan yang digunakan agar Anda bisa memilih panel surya terbaik berdasarkan kebutuhan. Harus diingat bahwa ada tiga tingkatan kualitas pada produk panel surya, seperti penjelasan kami berikut ini.

  • Tier satu diproduksi berdasarkan integrasi secara vertikal. Setiap proses manufaktur bisa diawasi. Perusahaan tier satu panel surya tidak hanya berinvestasi pada riset dan pengembangan. Produsen tier satu selama produksinya menggunakan bahan silikon berkualitas unggul untuk menghasilkan sel surya. Semakin tinggi grade silikon berarti semakin lama sel surya bisa bertahan dan memberikan keluaran (output) maksimal dan dijual menggunakan harga yang sesuai kualitas.
  • Tier dua merupakan perusahaan yang memasang investasi dalam penelitian dan pengembangan produk panel surya. Mereka menggunakan kombinasi manual dan robot dan sudah memproduksi panel surya berkisar dua hingga lima tahun.
  • Tier tiga mencangkup 90% produsen baru yang merakit panel saja. Mereka bisanya tidak memproduksi sel dan tidak berinvestasi pada penelitian maupun pengembangan. Harga yang ditawarkan dari tier tiga relatif murah

Itu saja yang bisa kami sampaikan pada kesempatan kali ini. Jika ingin menentukan panel surya berkualitas dengan harga yang pas, langsung saja ke Sewatama.