Virus corona mulai meluas di kota wuhan, cina pada bulan desember 2019 lalu. Dan sampai saat ini virus ini sudah menyebar ke 40 negara di dunia dan sudah 81.0000 orang terinfeksi dan sekitar 2.760 ornag meninggal dunia. Dari sekian banyak langkah untuk mencegah dan melindungi diri kita dari virus corona yang baru yaitu dengan dengan menggunakan masker, menggunakan masker wajah adalah salah satu langkah yang paling terlihat dan banyak dilakukan oleh masyarakat di seluruh dunia. Tetapi harus kalian ketahui juga bahwa sebagian masyarakat dan bahkan para ahli kesehatan pun tidak berpikir bahwa menggunakan masker banyak membantu. Bahkan WHO mengatakan bahwa menggunakan masker pada orang yang sehat tidak terlalu efektif untuk mencegah terjadinya penularan virus corona.

Menurut CDC (Centers for Disease Contron and Prevention), menggunakan masker bukanlah langkah terbaik untuk menghindari corona, langkah terbaik dan terstandar yang harus di ketahui oleh seluruh masyarakat di dunia yaitu :

  1. Mencuci tangan dengan sabun sesering mungkin, jika sulit menemukan air atau sabun bisa menggunakan handsanitizer dengan kadar alcohol diatas 60%.
  2. Hindari untuk menyentuh wajah dengan tangan yang kotor.
  3. Hindari kontak dengan orang yang sakit.

Tetapi CDC akhirnya mengeluarkan arahan yang lebih kuat, dimana orang yang mengalami gejala seperti batuk dan pilek baru-baru ini dianjurkan untuk menggunakan masker bedah. Karena fungsi masker disini untuk menurunkan resiko penularan pada orang lain jika memang orang tersebut mengalami gejala corona. Karena corona dapat tertular dari percikan air liur atau dahak seseorang yang sudah terinfeksi. Bahkan CDC juga menganjurkan agar petugas kesehatan yang merawat para pasien yang terinfeksi corona untuk selau menggunakan masker dan juga kacamata respirator N95.

Karena beberapa oknum yang menimbun masker, sekarang ini masker menjadi langka dan harga masker sangat melambung. Secara normal harga masker yaitu sekitar 50 ribu sampai dengan 70 ribu untuk setiap boxnya dan sekarang masker bisa dijual 2 kali lipat harga normal bahkan sampai ada yang menjualnya sekitar 600 ribu untuk setiap boxnya. Bukan hanya itu saja pengetahuan masyarakat yang minim mengenai penggunaan masker ini membuat masker menjadi sulit ditemukan, padahal ada petugas kesehatan yang memang lebih membutuhkan masker daripada kita.

Masker dirancang untuk menghalangi masuknya kontaminan dan pastikel-partikel di udara. Masker yang sering digunakan ada dua jenis yaitu masker bedah dan masker respirator N95. Masker N95 merupakan masker yang dirancang untuk menghalangi partikel-partikel yang ada di udara, biasanya masker ini digunakan saat kualitas udara buruk seperti adanya asal atau polusi. Sedangkan masker bedah dirancang untuk mencegah agar tetesan dan percikan air liur seseorang berpindah dari mulut seseorang ke orang-orang terdekat atau menempel di permukaan.

Dapat dilihat dari kegunaannya sendiri, masker yang lebih efektif untuk mencegah terjadinya penularan virus corona yaitu masker bedah. Dimana masker ini sebaiknya digunakan pada orang-orang yang terinfeksi, orang yang memiliki gejala terinfeksi corona dan yang paling penting adalah par apetugas kesehatan. Sebaiknya kita membeli dan menjual masker dengan bijak, dan jangan mengambil keuntungan dari penderitaan orang lain. dan yang paling penting untuk mencegah terinfeksi virus corona ini adalah mengikuti 3 langkah terbaik yang sudah kami sebutkan di atas. Dan juga jangan lupa untuk selau mengkonsumsi makanan dan minuman yang sehat agar system imun menjadi kuat.