Dokter spesialis penyakit mulut merupakan salah satu cabang dalam ilmu kedokteran gigi yang memiliki keahlian khusus untuk mendiagnosis dan memberikan penanganan semua jenis kelainan atau penyakit yang terdapat di dalam rongga mulut. Ada berbagai jenis penyakit khusus yang nantinya akan ditangani langsung oleh dokter spesialis ini, seperti kanker mulut yang disebabkan oleh pertumbuhan jaringan abnormal didalam rongga mulut dan masuk dalam kategori penyakit berbahaya yang dapat berakibat fatal jika tidak segera ditangani.

Gejala umum yang menjadi tanda penyakit kanker mulut biasanya adalah sariawan yang terasa sakit dan tidak kunjung sembuh meskipun sudah dilakukan berbagai upaya pengobatan. Selain itu, adanya bercak putih atau merah yang disertai rasa sakit juga dapat menjadi tanda awal terjadinya penyakit kanker mulut. Umumnya langkah penanganan yang dilakukan untuk mengatasi jenis penyakit ini adalah radioterapi, operasi, menggunakan jenis obat bertarget tertentu dan kemoterapi bergantung pada fase penyakit tersebut.

Ada berbagai faktor kebiasaan yang dapat memicu terjadinya kanker mulut dan sering tidak disadari. Hal ini juga menjadi alasan banyak penderita kanker mulut yang tidak mengetahui bahwa telah terkena gangguan kesehatan tersebut dalam jangka waktu tertentu. Oleh sebab itu, ada baiknya jika Anda menghindari berbagai kebiasaan pemicu kanker mulut seperti di bawah ini, antara lain:

  • Merokok menjadi salah satu kebiasaan yang sebaiknya Anda hindari karena terbukti meningkatkan resiko kanker mulut. Hal ini dikarenakan asap rokok yang masuk langsung ke dalam mulut mengandung berbagai racun dan zat kimia.
  • Perilaku selanjutnya yang dapat memicu terjadinya kanker mulut adalah terlalu banyak mengkonsumsi minuman yang mengandung alkohol. Untuk itu, sebaiknya Anda meminimalisir atau menghindari jenis minuman tersebut sedini mungkin.
  • Kekurangan konsumsi sayur dan buah juga dapat menjadi alasan tumbuhnya berbagai gejala kanker mulut. Kedua komponen makanan tersebut merupakan asupan gizi berimbang yang harus terpenuhi didalam tubuh sehingga Anda tidak akan rentan terhadap berbagai jenis penyakit.
  • Pastikan Anda selalu menjaga kebersihan dan kesehatan mulut serta gigi, seperti dengan menggosok gigi secara teratur, menggunakan cairan kumur dan jangan sampai membiarkan terdapat gigi berlubang karena dapat menjadi sarang tumbuhnya kuman dan bakteri.
  • Perilaku pemicu kanker mulut yang terakhir adalah sering terjadi pada orang yang memiliki jenis aktifitas lapangan sehingga sering terkena paparan sinar matahari secara langsung.

Dokter spesialis biasanya akan melakukan pemeriksaan terlebih dahulu untuk memastikan kondisi pasien. Hal ini dikarenakan penyakit kanker mulut memiliki level stadium yang berbeda, sehingga akan berbeda jenis pengobatan maupun penanganan yang akan dilakukan. Jika sudah sampai pada stadium akhir atau empat, maka biasanya kelenjar getah bening sudah menginfeksi organ lain didalam tubuh sehingga langkah pengobatan yang dilakukan adalah operasi secepat mungkin untuk mengangkat sel kanker tersebut.

Demikian ulasan mengenai peran penting dokter spesialis penyakit mulut yang penting untuk diketahui. Dokter ini akan memberikan penanganan secara langsung berbagai jenis penyakit yang terdapat dalam rongga mulut seperti kanker mulut yang telah di bahas di atas. Karena jenis penyakit tersebut berbahaya, maka sebaiknya jika Anda merasa gejala kelainan maupun gangguan tertentu didalam rongga mulut yang mempengaruhi kenyamanan, sebaiknya segera lakukan konsultasi ke dokter. Tidak ada salahnya melakukan medical checkup atau pemeriksaan medis secara rutin agar dapat mengetahui kondisi kesehatan terkini. Langkah tersebut juga sebagai antisipasi untuk mendeteksi semua kemungkinan gangguan kesehatan yang mungkin dapat terjadi.