Sumber: doktersehat.com

Memiliki keturunan merupakan impian setiap pasangan yang menikah. Berbagai cara membuat anak pun dilakukan agar istri bisa segera berbadan dua. Namun tidak semua pasangan suami istri bisa cepat diberikan momongan meski sudah menempuh segala cara membuat anak. Bahkan tidak sedikit dari mereka yang langsung memutuskan melakukan program bayi tabung. Sayangnya, meski merogoh biaya mahal, tidak semua program bayi tabung berhasil dalam satu waktu. Sejatinya, masih banyak cara membuat anak yang lebih efisien dan alami. Bagaimana cara membuat anak secara alami? Yuk, simak beberapa cara berikut.

Pemeriksaan Prakonsepsi

Berkonsultasi ke dokter kandungan untuk menanyakan asupan nutrisi yang baik untuk mempersiapkan kehamilan seperti vitamin dan asam folat. Pemeriksaan ini juga bertujuan untuk mengetahui apakan pasangan suami istri memiliki masalah medis atau tidak. Ada baiknya, pemeriksaan ini dilakukan sebelum menikah. Jika salah satu mengalami masalah medis, akan lebih cepat ditangani sebelum kehamilan terjadi.

Posisi Bercinta

Sudah setahun belum dikaruniai anak tak lantas membuat kamu berputus asa. Dalam satu kali melakukan pembuahan memang tak langsung jadi. Jika usia kamu kurang dari 35 tahun, mencoba hamil hingga satu tahun masih merupakan kondisi normal lho. Idealnya berhubungan intim sebanyak dua kali dalam satu minggu sangat disarankan. Akan tetapi jangan terlalu sering juga agar sel sperma yang dihasilkan kualitasnya tetap optimal. Ini menjadi cara membuat anak bagi pemula.Banyak yang percaya, posisi bercinta berpengaruh pada peluang kehamilan. Namun semua itu hanya lah mitos. Hingga kini belum ada teori ilmiah yang dapat membuktikan hal tersebut.

Terbukti, ada banyak posisi yang bisa dilakukan saat bercinta. Namun ada baiknya untuk tidak melakukan posisi yang melawan gravitasi. Seperti duduk atau berdiri selama berhubungan intim karena dapat mencegah sperma mendekati sel telur.

Supaya cara membuat anak dapat berhasil, salah satu cara yang bisa kamu lakukan adalah melakukan posisi ini setelah bercinta.

Tetap Berada di Tempat Tidur Setelah Bercinta

Mitos lain yang beredar di masyarakat yakni para wanita diminta untuk berbaring di tempat tidur sambil mengangkat kaki setelah bercinta. Posisi ini dipercaya dapat meningkatkan peluang hamil. Sayangnya, bukan itu yang sebenarnya harus dilakukan. Wanita usai bercinta bisa melakukan posisi tetap telentang dengan posisi paha yang lebih tinggi dari perut, disanggah oleh bantal yang diletakkan di bawah paha selama 10 sampai 15 menit. Posisi ini diyakini mampu membantu sperma mencapai sel telur.

Tidak Berlebihan

Tidak sedikit juga orang yang meyakini, frekuensi bercinta dapat memberikan peluang hamil. Bahkan pasangan pengantin baru khususnya, melakukan hubungan intim hampir setiap hari selama masa ovulasi untuk mempercepat kehamilan. Saran terbaik, lakukan hubungan seks secara teratur bukan hanya selama masa ovulasi. Beri jeda karena sperma dapat bertahan hidup selama lima hari dalam tubuh wanita.

Waspada Penurunan Kesuburan karena Usia

Siapa bilang kesuburan tidak akan menurun. Seiring bertambahnya usia, kesuburan seorang wanita akan menurun. Bahkan ada sebagian kecil yang mengalami menopause dini.

Yang mana, umumnya menopause terjadi di usia 45-55 tahun. Hal ini disebabkan adanya perubahan yang berhubungan dengan usia ovarium yang dan penurunan jumlah dan kualitas sel telur. Pertambahan usia juga meningkatkan risiko pada masalah kesehatan seksual dan reproduksi. Seperti fibroid rahim, endometriosis dan penyumbatan tuba falopi yang dapat berkontribusi dalam kesuburan.