4 Syarat Sumber Air Minum Pegunungan yang Sehat

  • 3 min read
  • Jun 10, 2020
4 Syarat Sumber Air Minum Pegunungan yang Sehat

Aktivitas manusia tidak terlepas dari konsumsi dan air merupakan salah satu aspek terpenting. Air mineral memiliki beragam manfaat untuk menjaga tubuh manusia dan seluruh organnya berfungsi optimal.

Kegiatan sehari-hari juga tidak terlepas dari air agar terhindar dari efek dehidrasi. Semakin majunya perkembangan zaman, banyak penyedia air minum dalam kemasan yang mempromosikan gaya hidup sehat [1].

Air minum dari pegunungan merupakan salah satu sumber mata air yang dikemas untuk dapat dikonsumsi oleh banyak orang. Namun, apakah benar sumber air minum dari pegunungan sudah pasti sehat?

Apakah air yang baik harus dari pegunungan? Dan, apa manfaat dari air pegunungan bagi tubuh manusia? Berikut 4 syarat sumber air minum yang baik sesuai anjuran pemerintah [2].

  1. Secara Fisik

Pemerintah mengeluarkan beberapa anjuran mengenai syarat air pegunungan sebagai sumber air minum. Setidaknya ada beberapa syarat salah satunya adalah keadaan fisik.

Air minum pegunungan harus tidak berbau, tidak berasa, tidak berwarna. Suhu yang dikandung juga harus stabil dan tidak boleh terlalu panas setelah menghasilkan endapan [3].

Fisik sendiri menjadi awal mula membedakan mana air yang berkualitas dan layak konsumsi serta mana yang bukan. Pada umumnya, mata air pegunungan memiliki kualitas yang baik dari segi fisik.

Bahkan, di beberapa lokasi mata air pegunungan dapat langsung dikonsumsi akibat proses penyaringan yang alami.

  1. Secara Kimiawi

Dari faktor kimiawi, sumber air minum yang sehat tidak boleh tercemar oleh berbagai partikel yang buruk bagi tubuh. Beberapa contoh seperti logam berat, zat beracun, hidrokarbon, maupun deterjen.

Air minum yang sehat ini juga memiliki kriteria atau standar penting sehingga memiliki manfaat bagi pihak yang mengonsumsi. Air pegunungan umumnya memiliki kandungan zat yang baik karena disaring secara alamiah oleh gunung.

Berbagai bebatuan air dalam tanah yang mengalir memiliki kualitas serta kandungan mineral yang baik untuk kesehatan tubuh, seperti magnesium, kalsium, zinc, dan lain sebagainya [4].

  1. Secara Mikrobiologi

Selain faktor kimiawi, sumber air minum juga harus terbebas dari cemaran mikrobiologi. Apa itu mikrobiologi? Merupakan senyawa atau bakteri hidup yang terkandung dalam sebuah media atau cairan.

Beberapa bakteri dapat bertahan hidup di dalam air yang keruh maupun bening. Salah satu contoh bakteri yang kerap terkandung di dalam air adalah patogen yang menjadi penyebab tifus, kolera, dan muntaber [2].

Air minum dalam kemasan yang berkualitas biasanya akan memiliki para ahli geohidrologi dan geologi guna mengetes kandungan mineral serta bakteri yang terdapat di suatu sumber mata air.

Karena meski dari mata air pegunungan, para ahli akan tetap memeriksa kandungannya hingga layak dikonsumsi dan dapat memberikan manfaat.

  1. Memenuhi Standar TDS

Syarat sumber air minum yang baik dari pegunungan berikutnya adalah TDS atau Total Dissolved Solids. Merupakan kandungan unsur mineral non-organik yang terdapat di dalam air.

Pada air terdapat dua mineral yang baik bagi tubuh yaitu non-organik dan mineral organik. Beberapa contoh mineral organik adalah sayur, buah, daging, telur, dan susu, sedangkan mineral non-organik berasal dari benda mati seperti zat kapur, besi, timah, tembaga, chlorine [2].

Jadi sumber air minum yang mengandung mineral non-organik tinggi tidak dianjurkan bagi tubuh manusia. Biasanya, air yang melebihi 100 ppm dikategorikan sebagai air yang tidak layak dikonsumsi.

Sumber mata air pegunungan perlu pengecekan lebih lanjut sebelum dipastikan aman untuk dikonsumsi. AQUA yang dipercaya lebih dari 45 tahun memproduksi air minum dalam kemasan sudah melakukan berbagai penelitian.

Lebih dari 9 kriteria dan 5 syarat air minum dilakukan oleh para ahli geologi dan geohidrologi di 17 mata air pegunungan. AQUA juga memilih kualitas mata air pegunungan yang baik dengan manfaat mineral yang baik bagi tubuh [5].

Sumber mata air pegunungan AQUA merupakan pegunungan vulkanis yang menyaring air secara alami oleh lapisan batuan vulkanis dengan kemurnian yang baik bagi konsumen. AQUA juga melindungi ekosistem di sekitar sumber air dan sumber airnya itu sendiri. Hal ini ditujukan untuk melindungi kealamian mineral pegunungan, serta menjaga keberlangsungan sumber air.

Karena visi AQUA menghadirkan kebaikan di setiap tetesnya. Jadi, sudah minum AQUA hari ini?

Referensi:

  1. https://www.sehataqua.co.id/kisah-kemurnian-air-di-balik-label-logo-terbaru-aqua/
  2. https://www.kompasiana.com/rasyidpanji/56492e672323bdd40401afc3/ini-dia-manfaat-air-minum-sehat-pegunungan
  3. https://www.naturalhydrationcouncil.org.uk/environment/water-resource-protection/
  4. https://doktersehat.com/manfaat-air-putih/
  5. https://www.sehataqua.co.id/inilah-keunggulan-air-minum-dari-sumber-air-pegunungan/