3 Gunung yang ada di Karawang

  • 2 min read
  • Mar 24, 2021
gunung sanggabuana

Banyak yang tidak mengetahui bahwa di karawang terdapat sebuah gunung dan gunung yang terkenal di karawang yakni gunung sanggabuana, dan masih ada beberapa gunung yang dapat dijadikan sebagai tempat untuk mendaki. Meski tidak terlalu terkenal, namun cukup banyak yang mengunjungi gunung tersebut. Bukan hanya dikunjungi oleh wisatawan warga lokal karawang, akan tetapi oleh luar kota karawang. Dan mungkin beberapa gunung di karawang ini perlu anda coba dan cocok untuk anda jika anda ingin melakukan pendakian.

Beberapa Gunung yang Berada di Karawang

Ada beberapa gunung di karawang, yang dapat dijadikan sebagai tempat untuk melakukan pendakian.

Berikut beberapa gunung yang berada di karawang, yaitu:

1. Gunung Sanggabuana

gunung sanggabuana

Gunung sanggabuana dengan ketinggian 1.291 mdpl atau 4.236 kaki ini terletak pada perbatasan dari empat kabupaten yakni untuk sebelah utara ada kabupaten karawang, sebelah timur ada kabupaten purwakarta, sebelah selatan ada kabupaten cianjur, dan untuk sebelah barat ada kabupaten bogor.

Dan sekarang kawasan hutan gunung sanggabuana itu masuk menjadi kategori hutan produksi serta sedang diusulkan untuk menjadi hutan lindung agar dapat mencegah meluasnya kerusakan hutan di wilayahnya.

Hutan gunung sanggabuana terawat dengan baik, sehingga dihutan gunung ini anda masih dapat menikmati pepohonan yang tumbuh dengan liar dan mencapai ketinggian sampai puluhan meter berjejer diwilayah tersebut.

Puncak gunung sanggabuana terdapat beberapa makan yang selalu dikunjungi oleh para peziarah. Salah satu dari makamnya yaitu makam ki sapujagat. Puncak gunung ini bisa terlihat bagian kota karawang. Bahkan terlihat juga bendungan jatiluhur yang berada diwilayah kabupaten purwakarta, selain itu dari kejauhan terlihat juga Menara atau tower lippo cikarang kabupaten Bekasi.

2. Gunung Sirnalanggeng

gunugn sirnalanggeng

Gunung sirnalanggeng yang memiliki ketinggian 334 mdpl yang berada di kecamatan tegalwaru tepatnya di desa kutalanggeng dan cintalanggeng ini terlihat hilang setengahnya, untuk bagian selatan lereng gunung tersebut sudah tidak ada pepohonan dari kaki gunung sampai pada puncak, yang terlihat hanya bongkahan serta retakan bebatuan besar.

Banyak penambang yang beraktivitas di lereng-lereng gunung sirna langgeng dan sejumlah kendaraan berat serta truk pengangkut terlihat di sekitar gunung sirna langgeng. Gunung sirnalanggeng mulai ditambang pada tahun 2012. Untuk izin usaha pertambangan dari gunung sirnalanggeng ini dimiliki pt atlasindo atama dan perusahaan tersebut memegang izin operasi tambang sampai pada tahun 2012.

Dari hasil penelitian mata air di gunung tersebut telah hilang dikarenakan sudah habis karena pertambangan tersebut, sehingga dampaknya sungai cicaban dan sungai cipagadungan menjadi kering pada saat musim kemarau. Dengan hilangnya mata air di gunung sirnalanggeng ini berdampak pada kanal irigasi tarum barat. Kesulitan air pada saat musim kemarau juga dirasakan oleh sebagian warga yang berada di kaki gunung sirnalanggeng.

3. Gunung Rungking

Gunung rungking yang memiliki ketinggian 650 mdpl ini berdiri dengan memiliki kemiringan lebih dari 45 derajat. Gunung ini terletak di desa cigunungsari, kecamatan tegalwaru, kabupaten karawang. Selain itu, untuk kontur-kontur tebingnya yang menantang adrenalin membuat gunung ini menjadi salah satu medan favorit oleh para pemanjat tebing dikawasan jawa barat.

Banyak pemanjat yang rela untuk menginap semalaman disekitarnya untuk mencoba adrenalin di gunung rungking. Gunung rungking memiliki rerumputan hijau dan indah seperti di pemakaman san diego hills.

Bagi anda yang belum mengetahui gunung yang berada di karawang, mungkin beberapa penjelasan mengenai gunung diatas dapat membantu anda, apabila anda ingin melakukan pendakian.